Segera Atasi Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan dengan Cara Ini

ParentingWorry.id - Penyakit batuk berdahak yang menyerang bayi di bawah 1 tahun tentu cukup mengkhawatirkan para ibu. Tak heran jika kemudian banyak yang segera mencari cara terbaik mengatasi batuk berdahak pada bayi. Untuk membantu para ibu, kali ini di sini akan dibahas mengenai cara ampuh atasi batuk berdahak pada bayi 8 bulan.
Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan
Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan
Berbagai cara yang ada di sini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari bayi. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara ampuh atasi batuk berdahak tampaknya para ibu harus tahu dulu apa penyebab batuk berdahak ini. Yuk simak selengkapnya di sini.

Penyebab Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan

Ada bermacam hal yang menyebabkan hadirnya batuk berdahak pada bayi. Ragam penyebab batuk ini baiknya diketahui para ibu guna dapat melakukan penanganan yang tepat saat bayi terkena batuk berdahak. Apa saja sebenarnya penyebabnya? Inilah beberapa di antaranya.
  • Flu menjadi penyebab utama dari batuk berdahak yang terjadi pada bayi. Penyakit infeksi akibat virus ini memang menyerang segala jenis usia. Namun, tentu saja sebaiknya diwaspadai saat menyerang bayi.
  • Iritasi menjadi penyebab selanjutnya dari batuk berdahak yang menghampiri si kecil. Adanya iritasi ini dapat disebabkan banyak hal mulai dari asap rokok, polusi udara sampai debu.
  • Alergi saluran pernafasan rupanya juga dapat menjadi pemicu batuk berdahak. Jika sudah mengalami hal ini para ibu harus mewaspadainya, karena dikhawatirkan akan berkembang menjadi penyakit seperti asma.
Penyebab-penyebab batuk berdahak di atas merupakan penyebab yang umum terjadi pada bayi. Namun, tak ada salahnya memeriksakan bayi ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari batuk berdahak yang hadir pada si kecil.

Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan?

Tadi sudah dibahas terkait dengan penyebab batuk berdahak. Sekarang saatnya membahas tentang bagaimana cara mengatasi batuk berdahak pada bayi 8 bulan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Memberi Uap Hangat
Salah satu cara yang direkomendasikan untuk mengatasi bayi yang terserang batuk berdahak adalah dengan memberi uap hangat pada bayi. Salah satu caranya adalah dengan memberi uap hangat dari baskom berisi air panas yang ditetesi minyak kayu putih atau minyak telon.
Letakkan di sekitar bayi atau dapat juga dengan memangku bayi senyaman mungkin. Minyak telon atau minyak kayu putih juga dapat diganti minyak esensial yang aman bagi bayi. Ini berfungsi untuk melembabkan udara dan membantu mengatasi hidung dan tenggorokan tersumbat akibat lendir pada bayi.
2. Memberi Larutan Garam
Larutan garam dapat menjadi salah satu cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi yang disebabkan oleh pilek. Namun, garam yang dipakai bukan garam sembarangan ya. Ada larutan garam yang dikhususkan untuk hidung bayi. Ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat dan lebih lanjut mengurangi lendir pada tenggorokan bayi.
3. Memijat dengan Daun Kemangi
Selanjutnya cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi adalah dengan memijat menggunakan daun kemangi. Pijat bayi secara berlahan menggunakan daun kemangi. Aroma dari daun kemangi tersebut dapat membantu untuk melegakan pernafasannya. Lakukan pemijatan secara berlahan pada bagian dada dan punggung bayi.
Ternyata ada banyak penyebab dari batuk berdahak pada bayi 8 bulan. Tentunya batuk berdahak ini harus segera diatas agar tidak menimbulkan dampak lebih lanjut yang cukup serius. Jika batuk berdahak tersebut berlangsung lama dan menimbulkan beberapa efek lanjutan seperti dahak berwarna kehijauan, sesak nafas pada bayi hingga kejang sebaiknya segera perisakan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.
Demikian sharing informasi yang saya berikan bunda, semoga bermanfaat dan mengurangi kekhawatiran bunda dalam merawat sang buah hati tercinta.

0 Response to "Segera Atasi Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan dengan Cara Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel