Jangan Panik! Ini Dia Cara Mengatasi Diare Pada Bayi

Tahukah Anda Apa Saja Penyebab Diare pada Bayi?

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi - Diare merupakan pernyakit yang sering menjangkiti semua kalangan dan semua umur, dari anak bayi bahkan hingga orang dewasa. Meskipun cenderung penyakit tidak begitu berbahaya namun jika terjadi terus menerus diare juga dapat mengakibatkan permasalahan serius, bahkan hingga mengakibatkan kematian. Untuk itulah mengapa orang tua wajib mengetahui cara mengatasi diare pada bayi.

Cara Mengatasi Diare Pada Bayi
Cara Mengatasi Diare Pada Bayi (Sumber Gambar : alodokter.com)
Penyebab diare pada bayi dapat dikarenakan karena beberapa hal antara lain antara lain dikarenakan timbulnya infeksi.  Penyebabnya yakni parasit, jamur atau bahkan virus yang mungkin menyebar melalui makanan ataupun dikarenakan hal lainnya. Dengan mengetahui penyebab diare pada bayi, maka  orang tua akan dapat dengan sigap mencari tahu cara mengatasi diare pada bayi. Penyebab diare pada bayi ini bermacam-macam. Diantaranya adalah dikarenakan oleh beberapa faktor seperti diantaranya :
  • Infeksi Virus, Bakteri Atau Jamur
Penyebab diare pada bayi antara lain karena disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun jamur. Biasanya bakteri terdapat dalam makanan atau barang-barang seperti mainan yang disentuh dan dimasukkan dalam mulut bayi. Inilah yang mengakibatkan penyakit masuk kedalam tubuh bayi dan menyebabkan diare.
  • Alergi makanan
Penyebab diare pada bayi umur 0-6 bulan antara lain karena disebabkan oleh alergi makanan. Alergi makanan ini biasanya bersumber dari ASI dikarenakan ibu mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang menyebabkan reaksi alergi pada bayi seperti diantaranya makanan pedas, makanan bercafein, makanan asam dan lain sebagainya. Untuk anak yang sudah mengonsumsi makanan pendamping pun demikian adanya, beberapa makanan dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu dan memicu terjangkitnya diare.
  • Faktor Lingkungan
Penyebab diare pada bayi bisa disebabkan oleh faktor lingkungan. Seperti diantaranya ibu yang kurang menjaga kebersihan. Misalnya saja seperti tidak mencuci tangan sebelum memegang bayi, tidak mencuci dot dan peralatan makan bayi dengan baik dan benar dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

Obat untuk Mengatasi Diare pada Bayi

Setelah mengetahui penyebab diare pada bayi, kini orang tua wajib pula untuk mengetahui cara mengatasi diare pada bayi. Cara mengatasi diare pada bayi pun dibagi menjadi beberapa tahapan tergantung dengan usia dan umur si bayi ini :

  • Obat Diare Untuk Bayi Umur 0-6 bulan

Bayi umur 0-6 bulan merupakan sebuah fase dimana bayi belum memakan makanan apapun kecuali susu ibunya. Obat diare untuk bayi umur 0-6 bulan pun dapat dilakukan oleh ibu yaitu dengan memberikan ASI lebih sering. Dan bila perlu memberikan si kecil larutan oralit dan air matang sesering mungkin agar diare cepat berhenti.

  • Obat Diare untuk bayi umur 7-12 bulan

Cara atasi diare pada bayi dengan umur 7-12 bulan tentu sedikit berbeda dengan bayi dibawah 6 bulan. Pada waktu-waktu ini bayi sudah mulai memakan makanan pendamping ASI. Untuk itulah anda dapat mengantisipasi diare pada anak dengan cara memberikan pertolongan pertama dengan meminumkan cairan oralit, 
ASI dan makanan pendamping bayi pun tetap diberikan kepada si kecil. roti, gandum, bubur encer dan lain sebagainya dapat diberikan kepada bayi. Namun hentikan pemberian makanan pendamping ketika bayi bereaksi negatif seperti muntah berkepanjangan dan terus menerus. Meskipun begitu, anda juga tetap harus menjaga agar bayi tidak kekurangan cairan.

  • Obat Diare Untuk Bayi 3 Tahun

Cara mengatasi diare pada anak umur 3 tahun juga tak jauh berbeda, yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan padat dan juga memperbanyak asupan cairan agar bayi terhindar dari resiko dehidrasi.

Demikianlah cara mengatasi diare pada bayi. Usahakan untuk selalu menjaga bayi agar terhindar dari kekuarangan asupan cairan. Sementara pemberian antibiotik tidak selalu diperlukan untuk mengatasi bayi diare. Anda dapat mengutamakan untuk memberikan pertolongan pertama seperti yang diulas diatas.

Jangan lupa mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan juga senantiasa menjaga kebersihan agar bayi terhindar dari diare. Jika diare terus berlanjut dan semakin parah, anda harus segera menghubungi pakar kesehatan untuk penanganan yang lebih akurat.

0 Response to "Jangan Panik! Ini Dia Cara Mengatasi Diare Pada Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel