Waspada, Kenali Ciri - Ciri Anak Gizi Buruk Sejak Dini

Apa Saja Jenis Jenis Gizi Buruk?

Ciri-ciri Anak Gizi Buruk - Gizi Buruk Gizi buruk merupakan kondisi yang sangat memprihatinkan, dimana yang bersangkutan (biasanya anak anak) kekurangan asupan gizi. Hal ini menyebabkan berbagai hal buruk pada tubuh, pertumbuhan serta perkembangan anak. Sebelum mengetahui ciri ciri anak gizi buruk, alangkah lebih baknya mengetaui jenisnya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan jenis jenis gizi buruk
  • Kwashiorkor, merupakan jenis dari gizi buruk pertama. Gizi buruk ini biasanya terjadi karena kekurangan asupan makanan yang mengandung protein.
  • Jenis gizi buruk selanjutnya adalah Marasmus, yang merupakan gizi buruk yang disebabkan karena kekurangan nutrisi karbohidrat.
  • Marasmus-Kwarshiorkor yang merupakan jenis gizi buruk terakhir, dimana anak biasanya kekurangan asupan karbohidrat dan juga protein.

Ciri-ciri Gizi Buruk Pada Anak (Sumber Gambar : Lintasbenuanta.com)

Kenali Ciri Ciri Anak Gizi Buruk

Biasanya daerah yang terdampak gizi buruk ini merupakan daerah dengan perekonomian yang rendah, sehingga kesulitan mencukupi kebutuhan. Namun bukan berarti daerah dengan perekonomian biasa biasa saja terbebas dari kemungkinan ini. Itulah mengapa mengetahui ciri ciri anak gizi buruk sangatlah penting. Hal ini agar bisa dilakukan tindakan dengan cepat dan tepat ketika seorang anak terindikasi mengalami gejala gizi buruk. Berikut ini beberapa ciri ciri anak yang mengalami gizi buruk.
  • Kriteria gizi buruk yang pertama adalah kegagalan dalam pertumbuhan anak. Maksudnya anak gagal untuk tumbuh sesuai ambang normal, baik itu berat badan atau tinggi badan atau keduanya. Hal ini membuat anak kurang gizi ini terlihat lebih pendek dan lebih kurus dari anak se usianya.
  • Perilaku anak yang berkaitan dengan emosinya juga bisa dijadikan indikator. Contohnya adalah cepat marah, rewel, lesu dan menangis secara berlebihan. Gejala lain yakni anak mengalami kondisi dimana ia kurang responsif pada sekitarnya.
  • Kulit anak gizi buruk biasanya kering serta bersisik. Sementara rambutnya kusam kering dan berwarna karat. Rambutnya juga bisa jadi mudah rontok.
  • Otot anggota gerak kecil dan kekuatan otot yang kecil.
  • Pembengkakan pada beberapa anggota tubuhnya, seperti kaki dan juga perut. Hal ini menyebabkan anak gizi buruk biasanya mempunyai perut buncit. Buncitnya atau bengkaknya perut tersebut dikarenakan kekuatan dari otot perut kurang. Selain itu, kakinya juga membengkak karena edama.

Cara Mengatasi Gizi Buruk yang Paling Tepat

Setelah anda mengetahui bagaimana ciri ciri dari anak yang menderita gizi buruk, maka penting juga mengetahui cara mengatasinya. Hal ini agar membuat anda mengetahui apa yang harus dilakukan supaya anak tersebut sehingga menjadi normal. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan.

•   Meningkatkan Asupan Makanan yang Padat dan Bergizi

Cara mengatasi gizi buruk pada balita yang pertama adalah dengan meningkatkan asupan makanan bergizi. Karena gizi buruk disebabkan oleh kurangnya asupan gizi, maka mulailah untuk memperhatikan gizi dari anak. Usahakanlah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan makanan sehat dan alami. Anda bisa memilih sayuran serta buah buahan yang mengandung gizi tinggi sebagai menu makanan harian.

•   Hindari Makanan Instan atau Junk Food

Sebaiknya anda hindari memberikan makanan instan kepada anak kurang gizi, karena belum tentu makanan tersebut bergizi baik. Jika anak anda mulai bosan dengan menu makanan yang ada, jangan sampai memilih makanan instan sebagai varian menu. Anda bisa mencoba dengan melakukan variasi pada menu makanan dan menghiasnya menjadi bentuk yang lucu dan menarik. Selain minim nutrisi, makanan instan ataupun junk food juga berpotensi mengandung zat kimia berbahaya seperti pewarna dan pengawet.

•   Memberikan Tambahan Gizi

Sumber tambahan gizi bisa juga anda jadikan sebagai cara efektif untuk menangani anak kurang gizi. Tambahan gizi disini dapat berupa suplemen makanan, susu dan juga vitamin yang bisa membantu memenuhi gizi anak. Dengan diberikannya suplemen, susu serta vitamin untuk anak kurang gizi akan membuatnya cepat membaik. 

Gizi buruk merupakan masalah besar yang banyak menimpa anak anak yang sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, dengan mengetahui ciri ciri anak gizi buruk dan cara mengatasinya semoga bisa mengurangi permasalahan ini. Demikianlah pembahasan singkat kali ini mengenai gizi buruk.

0 Response to "Waspada, Kenali Ciri - Ciri Anak Gizi Buruk Sejak Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel