Ayah Bunda, Inilah Pentingnya Memberikan Makanan Bergizi untuk Anak

Ayah Bunda, Inilah Pentingnya Memberikan Makanan Bergizi untuk Anak
Makanan Bergizi untuk Anak
Balita dan anak-anak merupakan fase dimana mereka sedang menjalani masa pertumbuhan. Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua untuk memberikan makanan yang bergizi tinggi untuk anak. Makanan yang sehat dan bergizi akan membuat tumbuh kembang anak menjadi semakin optimal hingga ia dewasa. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anak, maka anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang aktif, cerdas dan juga sehat.

Mengonsumsi makanan sehat memang sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Untuk itulah maka para ahli gizi menganjurkan untuk memberikan makanan bergizi untuk anak setiap harinya. Berikut ini akan diulas beberapa menu makanan anak sehat dan cerdas yang disarankan oleh ahli gizi :

•    Menambah Asupan Protein

Tips memberikan makanan bergizi untuk anak yang pertama adalah dengan menambah asupan protein. Protein merupakan salah satu pondasi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk  hormon, kulit, otot dan hampir semua sel dan jaringan dalam tubuh. Protein juga membantu sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih optimal.

•    Konsumsi Lemak Baik

Lemak merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam tubuh. Untuk pola hidup sehat, disarankan untuk mengonsumsi lemak baik yang berguna untuk tubuh. Lemak baik ini dapat anda peroleh dari beberapa makanan seperti alpukat, ikan salmon, tahu, kacang kedelai, minyak zaitun dan minyak canola.

•    Karbohidrat Kompleks

Memberikan makanan bergizi untuk anak, jangan lupa untuk menambahkan karbohidrat kompleks dalam menu harian si kecil. Nasi, pisang, gandum, pasta dan kacang-kacangan merupakan karbohidrat kompleks.

•    Serat Dan Buah-Buahan

Serat dan buah-buahan merupakan komponen yang tidak boleh dilupakan dalam menu harian si kecil. Buah pir, stroberi, buah bit merupakan jenis makanan yang tinggi serat. Anda bisa membuat kreasi makanan yang menarik dengan bahan dasar buah – buahan.

Tips Memberikan Makanan Bergizi untuk Anak Berdasarkan Umurnya

Memberikan makanan yang bergizi dan sehat kepada anak merupakan kewajiban orang tua. Namun ternyata anda juga tidak boleh sembarangan saat memberikan makanan bergizi untuk anak. Karena ada tahapan-tahapan yang harus anda ketahui agar makanan yang anda berikan kepada sang buah hati tercinta sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.  Berikut akan di ulas beberapa tips memberikan menu makanan untuk anak sehat dan cerdas

•    Makanan bergizi untuk anak 1-3 tahun

Anak usia 1-3 tahun sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan dewasa. Namun perlu anda ketahui, meskipun sudah dapat mengonsumsi makanan orang dewasa namun sebaiknya makanan untuk anak usia ini dibuat dengan tekstur yang lunak. Beberapa bahan makanan seperti karbohidrat, lauk hewani, lauk nabati dan juga buah-buahan sudah dapat diberikan pada si kecil. Untuk si kecil yang masih minum ASI, ASI tetap harus diberikan untuk mendampingi makanan pokok.

•    Makanan Bergizi Untuk Anak 4-5 Tahun

Pada usia 4-5 tahun, si kecil sudah lebih aktif dan bisa berkomunikasi. Pada saat-saat tersebut anak sudah bisa mengeskpresikan keinginannya. Terutama dalam hal makanan, dalam fase ini anak cenderung  menjadi pemilih. Dan ini adalah tantangan tersendiri untuk orang tua untuk mengolah aneka resep untuk anak yang susah makan menjadi berselera.

Anda dapat menyiasatinya dengan aneka kreasi makanan sehat yang disulap menjadi makanan favoritnya. Misalnya membuat nugget homemade yang anda tambahkan sayuran didalamnya untuk menyiasati si kecil yang tidak suka makan sayuran dan lain sebagainya.

•    Makanan Bergizi Untuk Anak Sekolah Dasar

Usia 6 tahun ke atas merupakan waktu yang tepat untuk si kecil mengenal dunia pendidikan dan sekolah. Pada fase ini anak-anak akan mulai bersosialisasi dan menentukan gaya hidupnya sendiri. Dengan bersekolah dan mendapatkan uang saku sendiri, ini membuat anak menjadi sering jajan sembarangan. Nah, ini merupakan sebuah pe-er untuk orang tua agar tetap memberikan makanan bergizi untuk anak. Anda dapat menyiasatinya dengan  memberi bekal sarapan yang bergizi untuk membantu si kecil mengawali harinya.

Memberikan dia bekal makanan rumah juga membuat anda dapat menghindari anak dari perilaku jajan sembarangan. Pola hidup sehat dan pola makan sehat yang berasal dari rumah membuat si kecil tidak terbiasa jajan sembarangan dan terbiasa dengan makanan bergizi yang dibuat ibu dirumah.

0 Response to "Ayah Bunda, Inilah Pentingnya Memberikan Makanan Bergizi untuk Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel