Beberapa Cara untuk Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi

Beberapa Cara untuk Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi
Cara untuk Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi

Kenali Gejala Ruam pada Kulit Bayi

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sensitif dan perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Akibatnya, kulit bayi mudah sekali mengalami ruam atau binitk merah. Kondisi ini perlu diperhatikan oleh orang tua. Selanjutnya, mereka juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi ruam pada kulit bayi.

Bintik merah pada bayi biasanya diikuti dengan gejala gatal – gatal seperti bintik merah pada pipi bayi, sehingga membuat bayi merasa terganggu. Tidak jarang bayi akan menjadi rewel bahkan sampai menangis. Ada berbagai penyebab munculnya ruam pada kulit bayi, seperti iritasi, alergi, gigitan serangga dan lain – lain.

Ini Dia Penyebab Ruam pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Ruam pada kulit bayi perlu diwaspadai oleh para orang tua. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadi ruam pada kulit bayi. Berikut beberapa penyebab ruam pada bayi dan cara mengatasinya.

1. Ruam Karena Popok dan Cara Mengatasinya

Ruam popok biasanya menimbulkan bintik – bintik merah di daerah sekitar popok, seperti pantat dan selangkangan. Ruam popok seringkali terjadi pada bayi baru lahir atau balita yang menggunakan popok. Beberapa hal yang dapat menyebabkan bayi mengalami ruam popok yaitu kondisi popok yang lembab, popok yang terlalu ketat, infeksi bakteri dan jamur, iritasi, kulit sensitive, dan lain – lain.

Tips Atasi Ruam Popok Bayi

Tidak ada yang membedakan gejala ruam popok pada bayi laki – laki dan perempuan. Pada dasarnya, kebersihan popok menjadi hal terpenting dalam munculnya penyakit ini. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan ruam popok pada bayi.
  • Segera mengganti popok bayi bila kondisi basah, atau terkena feses.
  • Kondisikan tangan dalam keadaan bersih pada saat mengganti/ memasang popok.
  • Membersihkan daerah yang tertutup popok menggunakan air bersih. Lebih gunakan sabun agar kulit bayi menjadi lebih bersih. Jika menggunakan tisu basah, gunakan yang bebas alcohol dan pewangi.
  • Mengeringkan daerah yang tertutup popok dengan kain berbahan lembut
  • Gunakan krim atau salep dengan kandungan zinc oxide pada area yang terkena ruam popok. Anda bisa memperolehnya di apotek, tanpa resep dokter.
  • Bunda juga dapat melakukan perawatan seperti tidak menggosok kulit bayi yang sedang lecet, menghentikan pemakaian popok untuk sementara waktu, menggunakan popok yang lebih besar dari ukuran biasanya.
  • Anda juga dapat menggunakan obat iritasi kulit bayi akibat pampers.


2. Ruam Karena Biang keringat dan Cara Mengatasinya

Biang keringat biasanya terjadi apabila kulit bayi berkeringat dan pori – pori kulit tersumbat, akibatnya keringat tidak dapat keluar. Kondisi tersebut juga dipicu dengan cuaca yang lembab dan panas, atau ketika bayi demam sehingga berkeringat. Cara mengatasi ruam pada kulit bayi, seperti halnya biang keringat dapat dilakukan sebagai berikut.

  • Memindahkan bayi ke ruangan yang sejuk jika kondisi ruangan semakin panas atau lembab.
  • Gunakan pakaian berbahan serat alami untuk bayi, misal katun dan hindari pakaian yang berbahan kain sintetis seperti polyester dan nilon. Hal ini karena bahan tersebut dapat memerangkap panas.
  • Gunakan pakaian bayi yang longgar, atau sesekali biarkan bayi tanpa pakaian dan popok selama beberapa waktu.
  • Menjaga kulit bayi tetap sejuk
  • Menggunakan krim bila diperlukan

3. Ruam Karena Jerawat bayi

Jerawat bayi biasa terjadi di bagian kulit wajah bayi, sepeti sekitar pipi, dagu, dahi, atau bahkan punggung bayi seperti muncul bintik merah. Jerawat bayi bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, minggu, atau bulan. Namun, dengan perawatan akan dapat mempercepat kesembuhannya. Berikut beberapa cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi.

  • Menjaga kulit bayi tetap bersih. Orang tua wajib menjaga kebersihan kulit bayi dari sisa makanan, ASI, air liur, dan bakteri atau kuman.
  • Jangan sesekali melukai jerawat, karena dapat menyebabkan iritasi yang lebih parah. 
  • Jangan menggunakan lotion kulit sembarangan, karena akan berpotensi menimbulkan iritasi. Orang dulu, biasa menggunakan obat tradisional untuk mengatasinya, seperti obat tradisional ruam pada leher bayi.

Pada dasarnya, orang tua perlu mengetahui jenis gejala sebelum menentukan cara mengatasi ruam pada kulit bayi secara tepat.. Memperhatikan hal – hal kecil seperti kebersihan bayi dan lingkungan di sekitarnya sangatlah perlu, untuk mengurangi terjadinya iritasi. Orang tua juga bisa menyediakan obat bintik merah pada kulit bayi sebagai alternatif penyembuhan.

0 Response to "Beberapa Cara untuk Mengatasi Ruam pada Kulit Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel