6 Makanan Sumber Protein Nabati Terbesar, Nomor 6 Paling Banyak Dikonsumsi

6 Makanan Sumber Protein Nabati Terbesar, Nomor 6 Paling Banyak Dikonsumsi
Sumber Protein Nabati
Hai bunda, semoga di pertemuan kita kali ini, selalu sehat dan semangat selalu. Kali ini kita akan membahas tentang sumber protein nabati terbesar yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Protein merupakan masa terbesar kedua yang dibutuhkan tubuh setelah karbohidrat. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga tidak baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh kita terutama sang buah hati.

Sifat dari protein nabati ini memiliki beberapa keunggulan dari pada protein hewani yang berasal dari daging, telur dan lain-lain. Okay, tidak usah memerpanjang pembukaan, yuk kita simak beberapa ulasan mengenai pentingnya protein bagi tubuh dan makanan apa saja yang terdapat disekeliling kita yang mengandung protein nabati terbesar dan murah tentunya.

Seberapa Penting Protein bagi Tubuh Anda?

 
Protein merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein dibedakan menjadi dua macam berdasarkan sumbernya yaitu sumber protein nabati dan hewani. Sumber protein nabati dapat anda peroleh dari beberapa bahan makanan seperti tahu, tempe, kacang-kacangan dan juga sayuran. Sedangkan sumber protein hewani dapat diperoleh dari mengkonsumsi daging, ikan, telur dan aneka olahan susu.

Manfaat protein sendiri sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, terutama untuk menjaga sistem imunitas dan perkembangan sel tubuh itu sendiri. Fungsi protein untuk tubuh sangat beragam seperti diantaranya untuk pembentukan otot, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit dan pembuluh darah.

Bukan Hanya Daging, Inilah 6 Sayuran Kaya Protein yang Wajib Anda Konsumsi
Jika selama ini protein identik dengan mengkonsumsi daging, telur dan sejenisnya. Ternyata kandungan protein nabati yang berasal dari sayur-sayuran juga tidak kalah besar, lho. Bahkan dalam beberapa kasus, protein nabati yang berasal dari sayur-sayuran ini bahkan mampu menggantikan sumber nutrisi yang berasal dari pengonsumsian daging. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang kaya akan sumber protein nabati diantaranya adalah:

1.    Kentang
 
Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan protein. Dalam satu buah kentang ukuran sedang terdapat kandungan 3 gram protein, potasium, vitamin C dan serat. Selian itu kentang juga berfungsi sebagai makanan pengganti karbohidrat yang biasa berasal dari mengkonsumsi nasi.

2.    Brokoli
 
Brokoli merupakan sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran yang satu ini merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan protein dan serat, keduanya merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3.    Kembang Kol

Dalam satu buah kembang kol mengandung sumber protein nabati sebanyak 3 gram dan 25 kalori. Selain itu, kembang kol juga mengandung potasium, magnesium, mangan dan juga zat besi. Sayuran yang satu ini disebut juga sebagai sayuran yang sangat baik untuk orang yang sedang menjalani program diet.

4.    Jamur
 
Jamur merupakan salah satu makanan yang kaya akan sumber protein. Bahkan protein yang terdapat dalam jamur merang disebut-sebut lebih tinggi daripada protein daging sapi. Beragam olahan makanan berbahan jamur juga lezat dikonsumsi sebagai cemilan maupun lauk.

5.    Bayam

Sayuran hijau yang satu ini juga merupakan sayuran yang kaya protein. Selain tinggi protein, bayam juga kaya akan serat, vitamin C, zat besi, asam folat dan juga vitamin B kompleks.

6.    Kacang - kacangan

Kacang-kacangan juga merupakam sumber protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang hijau, kacang merah dan lain sebagainya dapat anda konsumsi untuk mendapatkan sumber protein nabati.

Manfaat Protein Nabati Untuk Bayi Dan Balita
 
Selain baik dikonsumsi oleh orang dewasa, protein nabati juga baik untuk kesehatan bayi dan balita. Sumber protein nabati untuk bayi dapat anda peroleh dengan memasukan menu makanan tinggi protein dalam makanan pendamping ASI (MP ASI) si kecil. Memasukkan protein nabati untuk MP ASI sangat penting agar bayi dan balita anda dapat memperoleh nutrisi yang optimal dalam fase tumbuh kembangnya.

Pastikan MP ASI yang anda berikan untuk si kecil berasal dari sayuran yang kaya akan sumber protein nabati. Anda dapat memasukan beragam sayuran kaya protein tersebut dalam menu harian si kecil. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan pemilihan bahan makanan yang tinggi protein dan serat. Konsumsi kacang-kacangan juga sangat baik untuk bayi. Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan juga berbagai olahan kedelai dapat anda masukkan dalam menu harian si kecil.

Namun meskipun baik untuk kesehatan tubuh, konsumsi protein yang berlebih juga tidak disarankan. Kebutuhan protein manusia setiap harinya adalah 98,9 gram perhari untuk pria dewasa dan 68 gram untuk wanita.

Konsumsi protein yang melebihi jumlah tersebut akan mengakibatkan tubuh mengalami kelebihan protein. Dampak kelebihan protein ini dapat memicu beberapa ganguan kesehatan bagi tubuh.  Diantaranya menyebabkan kegemukan, tubuh menjadi lebih cepat dehidrasi, dan juga membuat ginjal bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan.

Oleh sebab itu, disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang merupakan sumber protein nabati ataupun hewani. Namun tetap dalam jumlah yang wajar dan tetap di imbangi dengan asupan makanan lainnya agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi secara seimbang.

0 Response to "6 Makanan Sumber Protein Nabati Terbesar, Nomor 6 Paling Banyak Dikonsumsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel