Apakah bisa Seorang Ibu Melahirkan Normal Setelah Caesar?

Apakah bisa Seorang Ibu Melahirkan Normal Setelah Caesar?
Melahirkan Normal Setelah Caesar

Melahirkan dengan proses caesar merupakan salah satu resiko yang harus ditanggung oleh calon ibu pada kondisi tertentu. Melahirkan secara caesar sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal  yang mempengaruhi seorang ibu untuk melahirkan secara caesar yaitu karena faktor kesehatan ibu itu sendiri dan bayi yang dikandungnya. Selain itu, kondisi tertentu yang mempunyai resiko bahaya bagi ibu atau bayi juga membuat ahli medis lebih menyarankan untuk melakukan tindakan caesar pada proses kelahiran.

Hal yang Harus Anda Pahami Jika Ingin Melahirkan Normal dengan Riwayat Caesar
 
Faktor utama adalah kesehatan, kesehatan yak dimaksud adalah disebabkan karena kondisi bayi yang tidak dapat dilahirkan secara normal. Atau bahkan karena alasan internal atau atas dasar dari keinginan orang tua si bayi ini yang menginginkan proses kelahiran secara caesar karena alasan tertentu. Nah, setelah mengalami proses kelahiran secara caesar pada kehamilan pertama., mungkinkah seorang wanita dapat melahirkan normal setelah caesar?

Ternyata banyak wanita yang pernah melahirkan secara caesar juga mampu melahirkan secara vaginal (normal) dengan sukses. Jadi bagi anda yang ingin melahirkan normal pasca operasi caesar, berikut ini ada beberapa tips yang perlu anda ketahui dan lakukan sebelum memilih untuk melahirkan secara normal setelah operasi caesar :

1.  Mempersiapkan Diri
 
Saat menginginkan untuk melahirkan secara normal setelah operasi caesar, anda harus benar-benar mempersiapkan diri. Antara lain adalah dengan mengetahui kondisi dari tubuh sendiri. Apakah tubuh anda cukup kuat untuk melahirkan secara normal? Ataukah proses melahirkan secara normal ini akan berpengaruh pada komplikasi penyakit lain bila diteruskan?

Setiap calon ibu memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda dalam hal kemampuan untuk melahirkan normal setelah caesar. Untuk itu anda perlu mengetahui kondisi tubuh anda sendiri sebelum memutuskan untuk melahirkan secara normal pasca operasi caesar.

2.  Resiko Kematian Caesar Lebih Besar
 
Melahirkan secara normal ternyata memiliki resiko kematian yang lebih rendah daripada proses melahirkan secara caesar. Kenapa demikian? dalam proses melahirkan secara caesar, resiko kematian ibu dan bayi mencapai 3,6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan proses lahiran secara normal. Dengan melahirkan secara normal, anda juga telah mengurangi penyakit komplikasi yang mungkin akan anda derita pada kehamilan selanjutnya.

3.  Menghindari Resiko Rahim Pecah
 
Melahirkan secara normal lebih sedikit terkena resiko rahim pecah pasca melahirkan yakni sebanyak 0,2 % saja. Sedangkan orang yang melahirkan secara caesar memiliki resiko yang lebih besar. Selain itu, operasi caesar yang berulang dapat meningkatkan resiko terjadinya komplikasi pada kehamilan anak berikutnya. Untuk itulah, apabila kondisi memungkinkan sebaiknya para ibu lebih memilih untuk melahirkan secara normal setelah operasi caesar.

Berapa Jarak yang Dianjurkan untuk Melahirkan Normal Setelah Caesar?
 
Cara melahirkan secara normal setelah operasi caesar adalah pilihan sebagian orang. Namun berapakah jarak melahirkan normal setelah caesar yang dianjurkan oleh ahli medis?

Nah, ternyata jarak untuk melahirkan secara normal setelah operasi caesar yang dianjurkan oleh ahli medis adalah setelah 2 tahun. Jarak tersebut dianjurkan oleh para ahli medis karena mempertimbangkan berbagai alasan, salah satunya adalah kondisi kesehatan si ibu itu sendiri.

Syarat melahirkan normal setelah caesar antara lain adalah kesehatan ibu yang baik. Jika jarak melahirkan terlalu dekat, maka dikhawatirkan berbagai masalah kesehatan akan timbul dan menjangkiti ibu. Masalah kesehatan itu antara lain adalah ruptur uteri atau robekan uterus.

Robekan uterus ini marupakan resiko fatal yang ditimbulkan akibat dari pendeknya jarak melahirkan pertama dan yang kedua. Sedangkan seorang ibu yang melahirkan secara caesar membutuhkan waktu yang cukup lama agar dapat memulihkan kondisi kesehatannya. Dengan jarak kehamilan yang cukup lama, maka akan mampu memberikan kesempatan untuk tubuh menjadi benar-benar pulih sebelum mengandung bayi berikutnya. Dengan kondisi tubuh yang prima, anda pun akan dapat melahirkan normal setelah caesar.

Demikian informasi mengenai melahirkan normal setelah caesar, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya pagi ibu yang telah melakukan operasi caesar pada saat kelahiran anak sebelumnya. Karena sejatinya semua calon ibu, mampu untuk melahirkan secara normal. Namun faktor utama yang menjadikan pilihan untuk proses kelahiran melalui jalan operasi caesar adalah karena kurangnya optimisme sang ibu dan rasa takut dan khawatir yang berlebihan yang akan menurunkan tingkat kesehatan ibu.

0 Response to "Apakah bisa Seorang Ibu Melahirkan Normal Setelah Caesar?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel