Apakah Mencegah Step pada Bayi dengan Kopi Mitos atau Fakta?

Apakah Mencegah Step pada Bayi dengan Kopi Mitos atau Fakta?
Mencegah Step pada Bayi dengan Kopi

Halo Bunda, gimana kabarnya hari ini? Tetap semangat untuk memberikan yang terbaik bagi sang buah hati kita. Pada artikel kali ini, admin ingin mengulas tentang mencegah step pada bayi dengan kopi, apakah hal tersebut mitos atau fakta? Nah, mari kita ulas satu persatu.

Dapatkah Kopi Digunakan untuk Mencegah Step pada Bayi?


Sebetulnya, mencegah step pada bayi dengan kopi merupakan cara yang tidak dianjurkan. Hal itu sudah dijelaskan oleh banyak ahli, bahwa cara pencegahan step pada bayi dengan memberikan kopi adalah mitos saja. Orang tua zaman dulu memang percaya jika dengan memberikan kopi pada anaknya yang masih balita dapat mencegah step atau kejang demam.

Step atau kejang demam memang disebabkan karena suhu badan yang sangat tinggi. Namun, selama ini, belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan apakah kopi bisa menurunkan panas ketika step?. Ada pula sumber yang menerangkan boleh saja bayi diberikan minum kopi, namun tetap memperhatikan kapan bayi boleh diberi kopi agar tidak step. Orang tua bisa memberikan kopi kepada bayi jika sudah berusia 6 bulan ke atas, namun sangat tidak dianjurkan terlalu banyak karena lambung bayi tidak cukup kuat untuk menerima kafein yang terkandung dalam minuman kopi. Sebaiknya jika memang ingin memberikan kopi pada sang buah hati, pemberian kopi dilakukan 1 – 3 kali dalam seminggu sebanyak 1 – 2 sendok teh.

Bahaya Kafein  Bisa Menyebabkan Aritmia Jantung pada Bayi

Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat menjadi stimulan yang merangsang sistem saraf pusat, sehingga tubuh dapat lebih segar dan energik apabila mengonsumsi kopi. Jika tidak terbiasa mengonsumsi kopi, dapat menyebabkan detak jantung berdebar lebih cepat.

Kopi yang diberikan pada bayi pastinya juga akan menimbulkan gejala aritmia, sehingga efeknya bisa membuat bayi tidak nyaman. Kondisi lain yang dapat ditimbulkan akibat bayi mengonsumsi kafein yaitu gelisah dan gugup, sakit perut, sakit kepala, sulit konsentrasi, sulit tidur, detak jantung lebih cepat, dan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan hal tersebut, beberapa ahli menegaskan bahwa tidak ada keterkaitan antara step dengan konsumsi kopi. Sehingga manfaat minum kopi hitam pada bayi itu hanyalah mitos. Justru memberikan kopi pada saat bayi mengalami step adalah hal yang tidak dianjurkan secara medis.

Tahukah Anda. Kemampuan Menelan Bayi Terganggu pada Saat Kejang? 

Pemberian kopi pada bayi yang mengalami kejang kurang baik karena kemampuan menelan bayi terganggu pada kondisi demikian. Kondisi tersebut dapat membahayakan bayi. Kopi yang diberikan pada saat bayi kejang tidak akan masuk ke dalam sistem pencernaan atau lambung, malah akan masuk ke paru – paru. Kopi yang masuk ke dalam paru – paru dapat menimbulkan reaksi yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada paru – paru bayi.

Begini Pertolongan Pertama pada Anak Step yang Paling Tepat

Biasanya step atau kejang demam pada bayi dapat terjadi sewaktu – waktu, sehingga orang tua perlu mewaspadainya. Agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, maka orang tua harus sesegera mungkin  melakukan pertolongan pertama.

Hal yang pertama perlu dilakukan apabila bayi sudah mengalami kejang demam yaitu dengan segera membawanya ke dokter atau klinik terdekat. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, dapat memperburuk kondisi bayi. Orang tua juga bisa menggunakan kompres air biasa yang diletakkan di dahi, ketiak, dan lipatan paha untuk menurunkan suhu di permukaan tubuh bayi.

Dokter akan memberikan obat berupa obat penurun panas dan juga obat step (anti-kejang). Namun, orang tua juga menggunakan obat step tradisional, seperti daun kemangi. Caranya adalah daun kemangi diremas-remas, lalu digosokkan di dahi anak yang mengalami demam kejang.

Setelah anak benar – benar sadar, segera berikan banyak makan dan minum. Makanan untuk anak step berupa makanan – makanan berkuah, atau buah – buahan yang banyak mengandung air. Hal tersebut untuk mengganti cairan tubuh yang menguap pada saat suhu tinggi.

Nah, inilah informasi tentang mitos atau fakta? mencegah step pada bayi dengan kopi. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih...

0 Response to "Apakah Mencegah Step pada Bayi dengan Kopi Mitos atau Fakta?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel