Begini Proses Melahirkan Normal yang Harus Dilalui Seorang Wanita

Begini Proses Melahirkan Normal yang Harus Dilalui Seorang Wanita
Proses Melahirkan Normal

Hai Bunda, apa kabar? Sebelumnya admin telah membahas Apakah bisa seorang ibu melahirkan normal setelah operasi Caesar?. Di session kali ini saya ingin memberikan informasi yang perlu bunda pelajari untuk menghadapi atau merencanakan proses kelahiran sang buah hati secara normal.

Melahirkan secara normal merupakan salah satu cita-cita dari sebagian besar calon ibu yang sedang mengandung. Walaupun demikian, proses melahirkan normal merupakan sebuah momok yang cukup menakutkan. Terutama bagi wanita yang baru pertama kali melakukan proses persalinan.

Ini Dia 3 Tahapan Persalinan Normal yang Harus Dilalui Wanita
 
Dalam proses melahirkan normal, wanita harus melalui beberapa proses panjang yang menguras tenaga dan emosi. Perlu diingat pada kondisi seperti ini, suami harus mendampingi sang istri agar calon ibu merasa tenang ataupun rilex saat akan melakukan proses persalinan. Adapun yang perlu dipersiapkan adalah berbagai macam perlengkapan bayi seperti kain bedong, popok, kain panjang dan lain-lain. Proses terjadinya persalinan normal antara lain adalah dengan melalui beberapa tahapan berikut ini.

1.  Fase Persalinan Awal
 
Fase persalinan awal ini ditandai dengan terjadinya proses kontraksi yang memicu terjadinya pembukaan pada mulut rahim. Fase persalinan awal ini biasanya ditandai dengan menipisnya leher rahim dan mulai terjadinya pembukaan. Pembukaan ini biasanya terjadi dalam 30-60 detik dan terjadi setiap 5 menit sekali.

Setelah mengalami fase persalinan awal, maka ibu akan melalui sebuah fase aktif. Dimana fase ini ditandai dengan semakin melebarnya leher rahim dan proses pembukaan semakin cepat. Pada fase ini, ibu harus bergegas mendatangi posko kesehatan ataupun langsung dating ke rumah sakit terdekat karena proses melahirkan normal akan segera terjadi.

2.  Tahapan Kelahiran
 
Perjuangan melahirkan normal yang selanjutnya adalah tahapan kelahiran. Pada proses melahirkan normal, biasanya ibu akan mengalami fase pembukaan sempurna. Pembukaan sempurna ini terjadi ketika leher rahim telah membuka secara penuh yaitu sekitar 10 centimeter. Pada tahap ini ibu sudah tidak lagi marasakan kontraksi karena bayi akan segera lahir.

Biasanya setelah seluruh tahapan sempurna maka dokter akan menuntun dan membimbing calon ibu untuk mengejan. Dengan dorongan yang baik dari proses mengejan, maka perlahan-lahan kepala bayi akan keluar. Lalu kemudian diiringi dengan bahunya, dan terakhir disusul dengan seluruh tubuh bayi. Perlu diingat bahwa setelah bagian kepala keluar, maka bagian tubuh lainnya akan lebih cepat keluar.

3.    Fase Pembersihan Plasenta
 
Dalam proses kelahiran bayi secara normal yang berikutnya adalah tahap pembersihan plasenta. Tahap persalinan belum berakhir sebelum plasenta juga ikut keluar. Umumnya plasenta akan keluar sekitar 5-10 menit setelah kelahiran bayi normal. Pada tahapan ini, ibu dapat melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) pada sang buah hati.

Manfaat Proses Melahirkan Secara Normal

 
Melahirkan secara normal sebenarnya memiliki resiko yang lebih kecil daripada ibu yang melahirkan melalui proses Caesar seperti yang saya ulas sebelumnya. Beberapa manfaat yang diperoleh dari proses melahirkan normal antara lain :

  • Resiko terjangkitnya infeksi lebih rendah daripada ibu yang melahirkan melalui proses caesar.
  • Waktu pemulihan pada proses melahirkan normal lebih cepat.
  • Bayi memiliki resiko lebih rendah dari terjangkitnya resiko terkena penyakit pernapasan.
  • Tidak adanya resiko pendarahan pasca bedah.

Waspada Gejala Syndrom Baby Blues Pasca Melahirkan
 
Meskipun pada proses melahirkan normal memiliki beberapa resiko yang lebih ringan daripada mereka yang melahirkan secara caesar. Namun kondisi fisik dan psikis ibu baru tetap butuh pengawalan dan dukungan dari orang-orang terdekat. Setelah proses melahirkan, biasanya ibu baru memiliki perubahan mood yang tidak stabil.

Perubahan mood yang tidak stabil ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti perubahan hormon yang tidak stabil, stress, kelelahan hingga berbagai penyebab  yang lainnya. Karena berbagai permasalahan inilah mengapa seorang ibu yang baru saja melahirkan biasanya mengalami perubahan mood yang tidak menentu.

Perubahan mood yang tidak menentu ini dapat berakibat fatal yaitu terjangkitnya penyakit kejiwaan yang sering disebut sebagai Syndrom baby blues. Syndrom baby blues ini merupakan sebuah kondisi psikis yang sering menjangkiti ibu yang baru melahirkan seperti kecemasan yang berlebihan, ketakutan hingga depresi. Untuk itulah mengapa ibu baru harus terus didampingi dan didukung oleh keluarga dan orang terdekat agar resiko yang buruk tidak terjadi.

Nah, itulah tadi beberapa proses melahirkan normal yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat menambah wawasan bagi para calon orang tua.

0 Response to "Begini Proses Melahirkan Normal yang Harus Dilalui Seorang Wanita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel